Rabu, 06 Juli 2011

44. Ar Raqib

Ar Raqib ialah Dzat yang senantiasa mengawasi dan memperhatikan segala sesuatu, sehingga tidak satu benda sekecil atom pun yang berada di padang sahara, di langit atau di bumi, yang luput dari-Nya. Dan dalam pengawasan-Nya itu, Dia tidak ditimpa oleh perasaan ngantuk atau tertidur.

Dikatakan bahwa makna Ar-Raqib adalah Al-Alim (Yang Maha Mengetahui) dan Al-Hafizh (Yang Maha Memelihara). Jadi, barangsiapa menjaga sesuatu sehingga tidak terlupakan olehnya, dan selalu mengawasinya, maka ia disebut Raqib. Seorang hamba wajib mengetahui bahwa Allah-lah yang menjaga dan mengawasinya dan segala sesuatu. Dan harus diketahuinya pula bahwa nafsunya itu adalah musuhnya, setan itu musuhnya, dan bahwa keduanya senantiasa mencari-cari kesempatan untuk menyeretnya kepada kelalaian dan pembangkangan, sehingga ia harus selalu berhati-hati dan bersikap waspada terhadap keduanya, yaitu dengan jalan mengenal tipu daya mereka dan tempat-tempat keluar mereka, supaya
ia dapat menutup jalan bagi mereka.

Berakhlak dengan ism ini mengharuskan Anda bersikap sesuai dengan sifat ini, yaitu selalu waspada dan mengawasi gerak-gerik nafsu Anda.

Khasiatnya
Barangsiapa merasa khawatir terhadap janin yang dikandung oleh seorang ibu dari bahaya keguguran, maka henndaklah dibacakannya ke atas perut si ibu ism ini sebanyak 7 kali. Maka, insya Allah, si ibu akan terhindar dari keguguran. Dan barangsiapa hendak berlayar, dan ia merasa khawatir bahwa di antara keluarga yang ditinggalkannya ada yang berbuat tidak senonoh, maka hendaklah dibacakan ism ini 7 kali sambil memegang tengkuk mereka. Insya Allah apa yang dikhawatirkannya itu tidak akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar