Menata Hati, Mengukir Nasib.

Cahaya Ilmu


طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
Mencari Ilmu itu wajib bagi ummat Islam , baik laki-laki maupun Perempuan

انماالاْعمال بالنيات
Sesungguhnya segala amal perbuatan itu tergantung pada niatnya. 

Kenapa ? karena niat merupakan barometer untuk meluruskan amal perbuatan. Apabila niat itu baik maka amal perbuatan akan menjadi baik dan sebaliknya apabila amal itu jelek maka perbuatan tersebut otomatis jelek juga

Sabda Nabi SAW :

وعن رسول الله صلى الله عليه وسلم : كم من عمل يتصور بصورة اعمال الد نيا ويصير بحسن النية من اعمال الاخرة . وكم من عمل يتصور بصورة اعمال الاخرة ثم يصير من اعمال الد نيا بسوء النية
Dari Nabi SAW : Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia lalu menjadi amal akherat,sebab niat yang bagus. Dan banyak juga amal perbuatan yang kelihatannya amal akherat namun karena niat yang buruk maka menjadi amal dunia.
.
العلم نور
Ilmu adalah cahaya

dan mencari ilmu adalah wajib . Namun jika tidak dibarengi dengan niat yang kuat rasanya malaslah untuk datang ke majlis ta lim. Padahal Sabda Nabi SAW menyatakan Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari Ilmu , maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju Syurga

Sabda Nabi SAW
قا ل رسول الله صلى الله عليه وسلم : من تعلم با با من العلم ينتفع به فى اخرته ود نياه اعطا ه الله خيرا له من عمرالد نيا سبعة الاف سنة صيام نهارها وقيام لياليها مقبولا غيرمردود

Barang siapa belajar satu BAB dari Ilmu yang bermanfaat untuk akhirat dan dunianya , maka Allah akan memberi kebaikan kepada orang tersebut dengan lebih baik dari pada perkara dunia yang ia berpuasa tujuh ribu tahun pada siang harinya dan sholat sunat pada malam harinya dengan diterima dan tidak ditolak sama sekali..

Apa jawab N.Sulaiman AS ketika Allah menyuruh Nabi Sulaiman AS untuk memilih antara Ilmu dan harta.
Ternyata Nabi Sulaiman AS memilih Ilmu , dengan alasan sebagai berikut :
  1. Ilmu lebih utama dari pada harta , karena Ilmu warisan Nabi ( Milik para Nabi ) . Sedang Harta adalah warisan Qorun dan Fir aun.
  2. Ilmu menjaga kita , sedangkan harta harus kita yang menjaganya.
  3. Ilmu ibarat teman hidup di dunia ini dan harta ibarat musuh kita . Sebab kita punya Ilmu akan bermanfaat untuk kehidupan manusia di dunia akherat , sedangkan kalau kita banyak harta akan menjadi musuh , mengapa ? karena harta menjadi orang banyak yang iri dan dengki.
  4. Orang banyak Ilmu menjadi Alim dan tidak di juluki kikir , tetapi orang banyak harta bisa jadi mendapat julukan kikir / pelit.
  5. Ilmu dapat menolong seseorang tetapi harta malah mencelakakan seseorang.
  6. Orang punya Ilmu tidak akan berkurang , tetapi orang punya harta bisa jadi akan semakin berkurang / surut
  7. Orang punya Ilmu akan rendah hati tetapi orang punya banyak harta , bisa jadi orang sombong / congkak
  8. Ilmu dapat menyinari hati sedangkan harta akan menyebabkan hati gelap atau keras.
Source : KITAB NASHOIHUL IBAD karangan Imam Syihabuddin Ibnu Hajar Al Ashqolani. yang disyarahi ( diterangkan / menerangkan / menjelasakan ) kitab tersebut dengan bahasa Jawa oleh Syeh Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi yang masyhur dengan sebutan Imam Nawawi Banten .
ads
Labels: Tausyiah

Thanks for reading Cahaya Ilmu. Please share...!

0 Comment for "Cahaya Ilmu"

Back To Top